Cara Memeriksa Infeksi Pada Cedera

Luka atau goresan adalah bagian dari kehidupan sehari-hari. Seringkali luka ini sembuh tanpa komplikasi. Namun terkadang bakteri bisa terluka dan menyebabkan infeksi yang berbahaya. Deteksi dini infeksi akan membantu mempercepat dan menyempurnakan proses penyembuhan. Sebagian besar infeksi diobati dengan antibiotik, tetapi ini tergantung pada tingkat keparahan infeksi. Berikut adalah beberapa tanda dasar infeksi, seperti kemerahan, bernanah dan nyeri terus-menerus. Mempelajari cara memeriksa infeksi luka penting untuk menjaga kesehatan.

Kontrol luka untuk nyeri terus-menerus, bengkak, kemerahan atau panas

Jak kontrolovat zranění, zda v něm není infekce – wikiHow

Cuci tangan Anda terlebih dahulu. Selalu cuci tangan Anda secara menyeluruh sebelum memeriksa luka. Jika Anda berpikir bahwa luka tersebut mungkin atau sudah terinfeksi, menyentuh area di sekitar luka dapat memperburuk keadaan. Pastikan Anda mencuci tangan dengan sabun antibakteri dan air sebelum melakukan hal lain.

Juga, pastikan untuk mencuci tangan setelah menyentuh luka.

Jak kontrolovat zranění, zda v něm není infekce – wikiHow

Periksa luka dengan hati-hati. Anda harus melepas perban dari luka yang Anda periksa. Lakukan ini dengan sangat hati-hati agar tidak mengiritasi area sensitif. Jika perban menempel pada luka, Anda bisa menggunakan air mengalir untuk melepaskannya dari luka. Atur hamburan air yang lembut di keran di wastafel dapur.

Jika Anda melepas perban bekas, itu harus dibuang ke tempat sampah. Jangan pernah menggunakan kembali perban bekas.

Jak kontrolovat zranění, zda v něm není infekce – wikiHow

Lihatlah luka untuk pembengkakan atau kemerahan. Saat Anda memeriksa lukanya, cari tahu apakah itu kemerahan atau lebih merah dari sebelumnya. Jika luka sangat merah dan kemerahan menyebar dari luka, itu berarti infeksi.

Kulit di sekitar luka juga tampak panas saat disentuh. Hubungi dokter Anda jika Anda memiliki gejala ini.

Jak kontrolovat zranění, zda v něm není infekce – wikiHow

Cari tahu apakah rasa sakitnya semakin parah. Merasakan nyeri baru atau semakin parah merupakan tanda adanya infeksi pada luka. Nyeri sendiri atau dalam kombinasi dengan gejala lain (seperti pembengkakan, panas, nanah) dapat mengindikasikan adanya infeksi. Hubungi dokter Anda jika Anda melihat nyeri luka yang semakin parah. Anda mungkin merasa bahwa rasa sakit itu berasal dari kedalaman luka. Pada umumnya pembengkakan pada daerah yang terkena, panas, nyeri tekan/nyeri merupakan gejala adanya infeksi pada luka.

Anda mungkin merasakan nyeri berdenyut. Gatal tidak selalu berarti infeksi, tetapi Anda tidak boleh mengiritasi luka dengan menggaruk. Bakteri dapat ditemukan di belakang kuku dan menggaruk hanya dapat memperburuk keadaan.

Jak kontrolovat zranění, zda v něm není infekce – wikiHow

Jangan mengoleskan antibiotik pada luka Anda kecuali dokter Anda memberi tahu Anda. Penelitian belum menunjukkan bahwa salep antibiotik secara signifikan membantu infeksi luka. Penyebaran infeksi berarti bahwa infeksi telah memasuki tubuh Anda dan penyembuhan hanya luka luar tidak akan membantu menghancurkan bakteri di seluruh tubuh.

See also  Cara Memutuskan Apakah Luka Perlu Dijahit: 9 Langkah

Dokter Anda mungkin merekomendasikan pengobatan dengan salep antibiotik jika infeksinya minimal dan dangkal.

Kontrol luka nanah dan cairan

Jak kontrolovat zranění, zda v něm není infekce – wikiHow

Periksa luka apakah ada nanah atau cairan kekuningan atau kehijauan. Keputihan ini juga bisa berbau. Jika Anda melihat nanah atau cairan keruh keluar dari luka, itu adalah tanda adanya infeksi. Anda harus ditangani oleh dokter sesegera mungkin.

Beberapa pelepasan luka normal ketika cairan rendah dan bersih. Bakteri terkadang menghasilkan cairan yang tidak berwarna kuning atau hijau. Dalam hal ini, dokter akan memeriksa keputihan untuk mengetahui adanya infeksi.

Jak kontrolovat zranění, zda v něm není infekce – wikiHow

Lihat apakah nanah menumpuk di sekitar luka. Jika Anda menemukan nanah menumpuk di bawah kulit di sekitar luka, Anda mungkin mengalami infeksi. Bahkan jika Anda hanya melihat akumulasi nanah di bawah kulit, atau Anda hanya merasakan ketegangan dan tonjolan yang tumbuh dan tidak ada yang keluar dari luka, itu bisa menjadi tanda infeksi dan harus ditanggapi dengan serius.

Jak kontrolovat zranění, zda v něm není infekce – wikiHow

Ganti perban bekas dengan yang steril baru setelah Anda memeriksa semuanya. Jika tidak ada infeksi pada luka, perban steril akan melindunginya. Jika terdapat tanda-tanda infeksi pada luka, perban steril akan melindungi luka dari kontaminasi lebih lanjut hingga luka tersebut ditangani oleh dokter.

Cobalah untuk mengobati luka dengan perban anti lengket. Perban juga harus cukup besar untuk menutupi seluruh luka.

Jak kontrolovat zranění, zda v něm není infekce – wikiHow

Jika luka masih mengeluarkan nanah, konsultasikan dengan dokter. Beberapa debit mungkin normal saat tubuh mencoba mengendalikan infeksi. Tetapi jika keputihan berubah menjadi kuning atau hijau dan lebih banyak (atau tidak berhenti), pertimbangkan untuk mengunjungi dokter. Ini terutama diperlukan jika ada gejala infeksi lain.

Pengendalian infeksi pada sistem limfatik

Jak kontrolovat zranění, zda v něm není infekce – wikiHow

Periksa area sekitar luka untuk mencari garis merah pada kulit. Anda mungkin memperhatikan bahwa garis-garis mengalir di bawah kulit dari luka. Garis-garis merah pada kulit di sekitar luka dapat menunjukkan bahwa infeksi telah memasuki sistem yang menarik cairan dari jaringan, yang disebut sistem limfatik.

Jenis infeksi (limfangitis) ini bisa sangat serius dan Anda harus segera mencari bantuan medis. Jika Anda melihat garis-garis merah pada kulit yang mengarah dari cedera, dan Anda juga mengalami demam.

Jak kontrolovat zranění, zda v něm není infekce – wikiHow

Temukan kelenjar getah bening (kelenjar) terdekat dengan cedera Anda. Kelenjar getah bening terdekat di lengan ada di ketiak, di kaki ada di selangkangan. Di tempat lain di tubuh, perlu untuk memeriksa benjolan di leher di bawah dagu dan rahang di sisi kiri dan kanan.

See also  Cara Menjadi Lebih Tinggi Secara Alami: 12 Langkah

Bakteri terperangkap di kelenjar ini sebagai respon imun tubuh. Kadang-kadang Anda mungkin menderita infeksi kelenjar getah bening bahkan jika Anda tidak memiliki garis-garis merah pada kulit Anda.

Jak kontrolovat zranění, zda v něm není infekce – wikiHow

Periksa kelenjar getah bening untuk kelainan. Sentuh ringan dengan 2 atau 3 jari dan rasakan bahwa kelenjar getah bening tidak membesar, mungkin juga sensitif. Relatif mudah untuk menemukan kelainan jika Anda menggunakan kedua tangan secara bersamaan. Kedua sisi harus berukuran sama jika sehat.

Jak kontrolovat zranění, zda v něm není infekce – wikiHow

Periksa node yang dipilih untuk pembengkakan atau nyeri tekan. Jika Anda merasa bengkak atau sensitif, ini adalah tanda infeksi, meskipun tidak ada garis merah. Kelenjar getah bening biasanya berukuran sekitar 1,5 cm dan tidak boleh disentuh. Mereka dapat diperbesar dua hingga tiga kali, sehingga Anda dapat merasakannya.

Pembengkakan kelenjar getah bening lebih lembut dan bergerak sedikit, menunjukkan infeksi atau peradangan.

Kelenjar getah bening keras yang tidak bergerak, menimbulkan rasa sakit, atau tidak mengecil setelah 2 sampai 3 minggu harus diperiksakan ke dokter.

Kontrol suhu dan kondisi keseluruhan

Jak kontrolovat zranění, zda v něm není infekce – wikiHow

Ukur suhu Anda. Selain gejala di sekitar luka, Anda juga bisa mengalami demam. Suhu di atas 38°C dapat mengindikasikan adanya infeksi pada luka. Anda harus menemui dokter jika Anda mengalami demam dan satu atau lebih gejala yang tercantum di atas.

Jak kontrolovat zranění, zda v něm není infekce – wikiHow

Pertimbangkan apakah Anda merasa baik-baik saja secara keseluruhan. Gejala infeksi pada luka mungkin hanya karena Anda merasa tidak enak badan (mual umum). Jika Anda terluka dan mulai merasa tidak enak dalam beberapa hari, itu mungkin terkait. Periksa kembali luka untuk tanda-tanda infeksi dan hubungi dokter Anda jika Anda masih merasa tidak enak badan.

Jika tubuh Anda sakit, Anda sakit kepala, Anda merasa pusing, perut Anda naik atau Anda muntah, Anda mungkin mengalami infeksi. Ruam adalah alasan lain untuk menemui dokter.

Jak kontrolovat zranění, zda v něm není infekce – wikiHow

Perhatikan juga hidrasi. Jika Anda mengalami dehidrasi, ini mungkin mengindikasikan adanya infeksi pada luka. Beberapa gejala utama dehidrasi adalah kurang buang air kecil, mulut kering, mata cekung dan urin berwarna gelap. Jika Anda memiliki gejala-gejala ini, lebih perhatikan lukanya, perhatikan baik-baik apakah Anda melihat tanda-tanda infeksi lain, dan temui dokter.

Tubuh Anda sedang melawan infeksi, jadi penting untuk tetap terhidrasi dan minum banyak cairan.

Menangani kasus serius

Jak kontrolovat zranění, zda v něm není infekce – wikiHow

Cari tahu jenis luka mana yang rentan terhadap infeksi. Kebanyakan luka sembuh dengan sedikit atau tanpa kesulitan. Namun, luka tersebut kemungkinan akan terinfeksi jika tidak dibersihkan dan dirawat dengan benar. Bagian kaki, tangan, dan area lain yang biasanya bersentuhan dengan bakteri juga sangat rentan. Kemungkinan infeksi bahkan setelah dicakar atau digigit oleh hewan atau manusia.

See also  Cara Mengakhiri Junk Food

Berikan perhatian khusus pada gigitan, sengatan, dan cedera. Berhati-hatilah saat menangani luka dari sumber yang tidak higienis: pisau berkarat, paku berkarat, atau alat kotor.

Jika Anda telah digigit, bicarakan dengan dokter Anda tentang risiko terkena rabies atau tetanus. Anda mungkin memerlukan antibiotik atau vaksin atau pengobatan lain untuk tetanus atau rabies.

Jika Anda sehat dan sistem kekebalan Anda kuat, sebagian besar luka akan sembuh dengan sedikit risiko infeksi. Pertahanan tubuh Anda telah berevolusi untuk mencegah infeksi berakar.

Jak kontrolovat zranění, zda v něm není infekce – wikiHow

Pahami peningkatan risiko infeksi. Cedera lebih mudah terinfeksi jika seseorang memiliki defisiensi imun seperti diabetes, HIV, malnutrisi atau obat-obatan. Bakteri, virus, dan jamur, yang biasanya tidak menyebabkan masalah pada sistem kekebalan, dapat menyusup dan berkembang biak dalam jumlah yang membuat stres. Ini terutama berlaku untuk luka bakar parah tingkat 2 dan 3, di mana garis pertahanan pertama (kulit) sangat terancam.

Jak kontrolovat zranění, zda v něm není infekce – wikiHow

Perhatikan tanda-tanda infeksi parah. Anda mungkin mengalami demam dan pusing. Jantung Anda mungkin berdetak lebih cepat dari biasanya. Luka akan terasa hangat, merah, bengkak dan nyeri. Anda mungkin memperhatikan baunya seolah-olah ada sesuatu yang membusuk atau membusuk. Semua gejala ini mungkin ringan atau sangat parah; tetapi jika Anda memiliki beberapa, Anda perlu mencari perhatian medis.

Jika Anda mengalami pusing dan demam, jangan mengemudi. Jika memungkinkan, mintalah teman atau anggota keluarga untuk membawa Anda ke rumah sakit. Anda mungkin perlu mendapatkan beberapa antibiotik yang kuat untuk menstabilkan sistem Anda.

Jika ragu, lakukan tes. Dalam kasus infeksi, self-diagnosis menggunakan Internet tidak cukup. Cara terbaik untuk mengetahui dengan pasti adalah diagnosis medis yang sah.

Jak kontrolovat zranění, zda v něm není infekce – wikiHow

Periksa ke dokter. Jika Anda merasa luka Anda terinfeksi, kunjungi klinik medis atau segera temui dokter Anda. Ini sangat penting jika Anda memiliki masalah kesehatan lain atau jika Anda memenuhi salah satu faktor risiko infeksi.

Jak kontrolovat zranění, zda v něm není infekce – wikiHow

Pertimbangkan untuk mengonsumsi antibiotik dan NSAID. Antibiotik dapat membantu melawan atau mencegah infeksi bakteri dan dapat menjadi cara paling efektif untuk melawan peradangan inflamasi. NSAID membantu tubuh pulih dari pembengkakan, nyeri dan demam. Anda mungkin dapat membeli NSAID tanpa resep, tetapi antibiotik yang paling efektif memerlukan resep.

Jangan gunakan NSAID jika Anda menggunakan pengencer darah. Ketahuilah bahwa obat-obatan ini dapat menyebabkan sakit maag dan masalah ginjal pada beberapa orang. Tanyakan kepada dokter Anda!

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.