Cara Memutuskan Apakah Luka Perlu Dijahit: 9 Langkah

Ajaj! Anda memotong diri sendiri, itu tidak terlihat bagus sama sekali dan Anda bertanya-tanya apa yang harus dilakukan dengannya. Namun, terkadang sangat sulit untuk mengetahui apakah luka perlu dijahit untuk sembuh dengan benar dan membuat bekas luka yang sangat terlihat di area yang terkena. Jika Anda tidak yakin apakah Anda memerlukan beberapa jahitan atau tidak dan Anda ingin menghemat perjalanan yang tidak perlu ke rumah sakit, baca artikel kami, yang menawarkan beberapa tip dan metode untuk membantu Anda memutuskan apakah luka Anda memerlukan perhatian medis.

Alasan kunjungan dokter segera

Jak rozhodnout, zda rána potřebuje zašít: 9 Kroků (s obrázky)

Cobalah untuk menghentikan pendarahan sebaik mungkin. Angkat bagian tubuh yang cedera di atas ketinggian jantung. Pendarahan kemudian harus mereda. Gunakan kain bersih atau handuk kertas yang sedikit dibasahi dan tekan dengan kuat pada luka yang terbuka. Tahan selama lima menit. Kemudian angkat kain atau lap tersebut dan periksa apakah lukanya masih mengeluarkan darah.

Jika luka berdarah tak terkendali, jangan mencoba yang lain dan langsung pergi ke rumah sakit.

Namun, jika luka berhenti berdarah, ikuti petunjuk di bawah ini.

Jak rozhodnout, zda rána potřebuje zašít: 9 Kroků (s obrázky)

Pastikan tidak ada benda apapun di luka. Jika benda asing tersangkut di luka, selalu lebih baik mencari bantuan medis. Pemeriksaan medis dianjurkan terutama karena risiko infeksi dan, tentu saja, karena kemungkinan perlunya penjahitan.

Jangan mencoba untuk menghapus objek. Dalam beberapa kasus, benda asing di luka akan membantu menghentikan pendarahan, jadi yang terbaik adalah menemui dokter terlebih dahulu dan tidak mencoba mengeluarkan benda dari luka di rumah.

Jak rozhodnout, zda rána potřebuje zašít: 9 Kroků (s obrázky)

Segera temui dokter jika luka tersebut disebabkan oleh gigitan manusia atau hewan. Luka-luka ini jauh lebih rentan terhadap infeksi dan Anda mungkin perlu divaksinasi sebagai bagian dari pencegahan. Karena itu, datanglah ke operasi terlepas dari apakah menurut Anda lukanya perlu dijahit atau tidak.

See also  Cara Mengobati Radang Dingin: 13 Langkah

Jak rozhodnout, zda rána potřebuje zašít: 9 Kroků (s obrázky)

Periksa seluruh area di sekitar cedera. Jika luka telah terjadi di wajah, tangan, mulut atau alat kelamin, periksakan ke dokter. Anda mungkin memerlukan beberapa jahitan, setidaknya untuk alasan kosmetik dan untuk penyembuhan yang tepat.

Saat luka perlu dijahit

Jak rozhodnout, zda rána potřebuje zašít: 9 Kroků (s obrázky)

Mengapa perlu menjahit luka sama sekali? Jahitan memiliki beberapa tujuan. Yang paling umum meliputi:

Menutup luka yang terlalu besar untuk metode penutupan lain. Menjahit kedua tepi luka yang rusak menjadi satu akan mempercepat penyembuhan.

Pencegahan infeksi. Jika Anda memiliki luka besar yang menganga, penjahitan dapat membantu meminimalkan risiko infeksi (luka kulit yang besar seperti itu sangat rentan terhadap infeksi di dalam tubuh).

Pencegahan jaringan parut setelah penyembuhan luka. Ini sangat penting untuk alasan kosmetik ketika melukai area yang terlihat seperti wajah.

Jak rozhodnout, zda rána potřebuje zašít: 9 Kroků (s obrázky)

Pertimbangkan kedalaman cedera. Jika lebih dalam dari setengah inci, menjahit tidak mungkin dihindari. Jika lukanya begitu dalam sehingga Anda dapat melihat jaringan adiposa kuning atau bahkan tulang, jangan berpikir untuk mengunjungi dokter untuk waktu yang lama dan langsung menemuinya.

Jak rozhodnout, zda rána potřebuje zašít: 9 Kroků (s obrázky)

Evaluasi lebar luka. Apakah tepi luka berdekatan atau perlu menutupi jaringan yang terbuka? Jika Anda merasa perlu untuk menekan tepi luka bersama-sama untuk menutupi jaringan yang terbuka, maka ini adalah sinyal jahitan. Jahitannya menyatukan kedua tepi dan mempercepat seluruh proses penyembuhan.

Jak rozhodnout, zda rána potřebuje zašít: 9 Kroků (s obrázky)

Lihat area sekitar luka. Jika cedera berada di area tubuh yang terlibat dalam sebagian besar gerakan dan tidak mungkin dibiarkan dalam waktu lama, mungkin perlu dilakukan penjahitan untuk mencegah luka terbuka kembali dengan gerakan ceroboh atau peregangan. dari kulit. Ini adalah, misalnya, kaki atau jari kaki (terutama di area persendian), di mana Anda praktis dapat menghindari peregangan kulit, sementara Anda mungkin bisa menyembuhkan luka di dahi dengan sendirinya.

See also  Cara Cepat Menghilangkan Sakit Tenggorokan

Jak rozhodnout, zda rána potřebuje zašít: 9 Kroků (s obrázky)

Tanyakan kepada dokter Anda tentang perlunya vaksinasi tetanus. Efektivitas suntikan tetanus adalah 10 tahun, jadi Anda mungkin perlu memvaksinasi ulang vaksin tersebut. Jadi, jika Anda memiliki luka terbuka dan sudah lebih dari sepuluh tahun sejak vaksinasi tetanus terakhir Anda, temui dokter.

Saat Anda berada di rumah sakit untuk vaksinasi, Anda dapat meminta dokter menilai kondisi luka Anda dan kebutuhan untuk dijahit.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.