Cara Menghilangkan Gula: 15 Langkah

Konsumsi gula yang berlebihan dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan. Selain menambah berat badan, gula dalam jumlah besar juga dapat menyebabkan berbagai masalah jantung, meningkatkan risiko diabetes, dan bahkan merusak ginjal dalam jangka panjang. [1] X Sumber Penelitian Untuk alasan ini dan banyak alasan lainnya, banyak orang telah memutuskan untuk berhenti makan gula sama sekali. Meninggalkan gula bukanlah hal yang mudah karena tidak mudah untuk mengetahui gula mana yang bisa dimakan dan mana yang menyebabkan gangguan kesehatan. Selain itu, banyak orang yang tidak mengetahui makanan mana yang mengandung gula alami dan mana yang mengandung tambahan gula buatan. Ketika Anda mengetahui gula apa yang tepat untuk tubuh Anda dan bagaimana tidak, Anda akan merasa lebih bahagia, lebih sehat dan memiliki kontrol lebih besar atas apa yang Anda makan.

Putuskan untuk berhenti makan gula

Putuskan apakah Anda akan berhenti makan gula dari hari ke hari atau mengurangi konsumsi Anda. Ketika Anda memutuskan untuk berhenti makan, Anda harus memilih apakah akan berhenti memakannya dari hari ke hari atau secara bertahap mengurangi konsumsinya. Apa pun opsi yang Anda pilih, kemungkinan besar Anda akan mengalami gejala penarikan.

Jika Anda makan banyak gula, atau telah makan gula untuk waktu yang sangat lama dan Anda ingin berhenti memakannya hari demi hari, gejala penarikan Anda cenderung lebih intens. Dalam hal ini, akan lebih tepat untuk membatasi konsumsi gula dalam beberapa minggu.

Jika Anda hanya makan sedikit gula, atau makan hanya dalam waktu singkat, Anda mungkin dapat menghilangkannya dari diet Anda hanya dengan gejala penarikan yang minimal.

Jika Anda ingin membatasi jumlah gula yang Anda makan, Anda harus benar-benar jujur ​​pada diri sendiri. Jangan makan makanan manis hanya untuk mendapatkan dosis gula harian Anda.

Mulailah membuat buku harian. Menyingkirkan gula bukanlah tugas yang mudah sama sekali. Selain itu, juga sulit untuk menemukan makanan yang dapat Anda gunakan untuk menggantikan gula dalam diet Anda. Mulailah menuliskan semua yang Anda makan dan buat pola makan baru. Juga, tuliskan bagaimana perasaan Anda tentang berhenti gula.

Pikirkan strategi dan buat catatan. Anda bisa mulai dengan menuliskan semua yang Anda makan untuk mendapatkan gambaran berapa banyak gula yang Anda makan dalam satu hari atau satu minggu. Kemudian Anda dapat mulai membuat rencana yang memungkinkan Anda mengurangi jumlah gula.

Tuliskan juga makanan sehat yang bisa Anda gunakan untuk menggantikan gula. Anda mungkin perlu mencoba beberapa hal berbeda sebelum menemukan yang cocok untuk Anda.

Anda juga dapat menuliskan perasaan Anda dan suasana hati Anda. Menulis buku harian adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres yang terkait dengan berhenti mengonsumsi gula.

Bersiaplah untuk gejala penarikan. Seperti halnya kecanduan makanan lainnya, Anda pasti akan mengalami berbagai efek samping penarikan. Anda harus siap untuk itu.

Berapa lama Anda menderita gejala penarikan tergantung pada berapa banyak gula yang Anda makan setiap hari dan berapa lama Anda makan gula. Semakin banyak gula yang Anda makan dan semakin lama Anda mengonsumsinya, semakin intens dan tahan lama gejala penarikan Anda.

Umumnya, satu atau dua minggu pertama setelah Anda menghilangkan gula dari diet Anda, Anda akan mengalami mual, sakit kepala dan iritasi umum. Tubuh Anda bergantung pada dosis gula hariannya, dan jika Anda tidak memberikannya, ia harus membiasakan diri dengan keadaan baru ini untuk sementara waktu.

See also  Cara Berenang Tanpa Tampon Saat Menstruasi: 8 Langkah

Tuliskan gejala penarikan Anda dan juga tuliskan pemikiran positif yang Anda miliki tentang penarikan gula sehingga Anda dapat mengelola ketidaknyamanan Anda dengan lebih baik. Pada akhirnya, itu pasti akan sia-sia – suasana hati Anda akan membaik dan Anda akan merasa lebih sehat dan lebih energik daripada saat Anda kecanduan gula.

Jak se vzdát cukru: 15 Kroků – wikiHow

Tulis rencana untuk membantu Anda mengatasi rasa manis Anda. Anda mungkin akan memimpikan kue, makanan penutup, dan cokelat selama beberapa minggu, tetapi jangan khawatir – keinginan ini akan hilang setelah beberapa saat. Sementara itu, cobalah untuk menguranginya dengan tips berikut:

Mulailah mengencerkan minuman manis Anda. Campur limun dan jus dengan air atau air mineral tanpa pemanis. Anda juga harus mengencerkan jus buah dengan air. Lakukan ini sampai Anda siap untuk minum hanya air dan minuman tanpa pemanis lainnya.

Makan buah. Jika Anda menyukai sesuatu yang manis, cobalah buah yang manis. Anda bisa mencoba misalnya: nanas, mangga, atau pisang. Buah-buahan ini sedikit lebih manis daripada buah-buahan lainnya.

Tetap berpegang pada makanan rendah kalori. Jika Anda sangat menyukai sesuatu yang manis dan buahnya tidak memuaskan Anda, makanlah sesuatu yang non-kalori. Yang terbaik adalah memiliki camilan yang tidak memiliki kurang dari 150 kalori. Belilah permen dalam kemasan kecil agar Anda tidak tergoda untuk makan berlebihan.

Bergabunglah dengan kelompok pendukung atau program penurunan berat badan. Menyerahkan gula bukanlah hal yang mudah dan pasti akan membantu Anda jika Anda mendapat dukungan dari orang lain yang sedang mengalami hal yang sama dengan yang Anda alami. Anda tidak perlu mencoba melakukannya sendiri – temukan kelompok pendukung atau program penurunan berat badan.

Grup beroperasi baik secara langsung maupun di Internet. Anda dapat bertukar tips dan cerita motivasi dengan orang lain dan membuat seluruh proses lebih mudah. Sangat menyenangkan memiliki orang-orang di sekitar Anda yang dapat berbagi kesuksesan dan kegagalan Anda!

Beritahu teman dan keluarga Anda apa yang Anda lakukan. Ingin berhenti mengonsumsi gula juga dapat memengaruhi orang yang menghabiskan waktu bersama Anda. Jelaskan kepada mereka mengapa Anda melakukan ini, makanan apa yang tidak lagi bisa Anda makan dan apa yang bisa Anda makan. Minta mereka untuk membantu Anda dalam perjalanan Anda dan siapa tahu – mungkin seseorang ingin bergabung dengan Anda.

Bersiaplah bahwa Anda tidak akan selalu berhasil. Pesta ulang tahun, liburan, dan acara khusus lainnya biasanya melibatkan banyak makanan manis dan terkadang hampir mustahil untuk dihindari. Ketika Anda pergi dan memiliki sesuatu yang manis, jangan salahkan diri Anda sendiri. Jangan lakukan apa-apa dan kembali ke diet Anda sesegera mungkin.

Cobalah untuk menuliskan tidak hanya apa yang Anda makan, tetapi juga mengapa Anda memakannya. Sering terjadi bahwa orang meraih makanan manis, terutama ketika mereka stres atau kelelahan secara emosional.

Misalnya, jika memungkinkan, makanlah hanya satu potong biskuit agar Anda tidak makan permen secara berlebihan. Kemudian segera kembali ke diet Anda dan jangan makan makanan manis lainnya lagi.

Beberapa hari setelah makan sesuatu yang manis, Anda mungkin akan memiliki nafsu makan yang tinggi untuk lebih banyak gula, jadi Anda perlu banyak mengendalikan diri.

Ubah kebiasaan belanja Anda

Selalu baca kemasan makanan. Mengecualikan gula dari makanan berarti memperhatikan kemasan makanan, karena gula ditambahkan ke berbagai jenis makanan.

See also  Bagaimana Melanjutkan Di Tempat Kerja Jika Terjadi Cedera Tertusuk Jarum: 15 Langkah

Tabel nutrisi akan menunjukkan berapa gram gula dalam satu porsi makanan. Namun, Anda tidak akan tahu apakah itu gula alami atau tambahan.

Berbelanja dengan bijak! Anda mungkin mengharapkan gula ditemukan dalam makanan manis, seperti kue kering dan cokelat, tetapi Anda mungkin terkejut bahwa gula biasanya ditambahkan ke makanan asin, seperti berbagai saus salad, kue kering, atau saus tomat. Karena itu, selalu baca kemasan makanan dengan cermat untuk memastikan tidak membeli apa pun yang mengandung gula.

Baca daftar bahan untuk melihat apakah ada tambahan gula dalam makanan. Ingatlah bahwa beberapa makanan memiliki gula yang tercantum dalam tabel nutrisi, tetapi tidak mengandung gula tambahan. Misalnya, yogurt putih atau camilan apel tanpa pemanis hanya mengandung gula alami.

Gula tambahan termasuk gula putih, gula tebu, bit, molase, sirup agave, sirup jagung fruktosa, turbinado, madu, sirup maple, konsentrat jus buah dan banyak lagi.

Jak se vzdát cukru: 15 Kroků – wikiHow

Ganti gula tambahan dengan gula alami. Gula yang ditambahkan ditambahkan ke makanan untuk memberi mereka rasa yang lebih manis, tetapi mereka tidak memiliki nilai gizi. Gula alami dalam buah-buahan dan susu mengandung vitamin, mineral, dan serat sehingga jauh lebih bergizi.

Gula alami termasuk fruktosa (dalam buah) dan laktosa (dalam susu). Semua buah, produk buah (seperti camilan apel tanpa pemanis) dan produk susu (yogurt, keju, atau susu) mengandung jumlah gula alami yang bervariasi.

Anda dapat menemukan berbagai pengganti gula yang sehat dan menggantinya dengan makanan yang mengandung tambahan gula. Jika Anda menyukai sesuatu yang manis, pilihlah sesuatu yang mengandung gula alami, seperti buah atau yogurt.

Jak se vzdát cukru: 15 Kroků – wikiHow

Hindari makanan olahan. Gula biasanya ditambahkan ke makanan olahan dan kemasan untuk memperpanjang umur simpannya dan meningkatkan rasa dan konsistensinya.

Makanan beku, makanan kemasan, sup instan, saus, saus salad, dan bumbu-bumbu sering kali mengandung tambahan gula. Cobalah untuk membuat beberapa makanan ini di rumah sendiri.

Pilih versi tanpa pemanis dari berbagai makanan. Misalnya, Anda harus makan camilan tanpa pemanis atau yogurt putih. Yoghurt rasa biasanya mengandung banyak gula tambahan.

Bahkan buah bisa penuh gula saat diolah. Jus buah tidak mengandung serat dan air yang akan menjenuhkan Anda. Jika ingin makan buah, pilihlah buah yang segar saja.

Ubah kebiasaan makan Anda

Hindari makanan manis dan makanan penutup. Salah satu sumber gula yang paling umum dan jelas adalah permen, biskuit, kue, kue kering, dan makanan penutup lainnya. Kebanyakan orang tahu bahwa makanan ini mengandung banyak gula tambahan. Menghentikan hal-hal ini akan membantu Anda mengurangi jumlah gula yang Anda konsumsi.

Seperti yang telah kami sebutkan, Anda dapat berhenti makan makanan ini dari hari ke hari, atau hanya secara bertahap mengurangi konsumsinya.

Jika Anda ingin berhenti memakannya sekaligus, Anda mungkin tidak ingin menggantinya dengan gula yang lebih sehat. Jika Anda hanya ingin mengurangi konsumsinya, Anda dapat memilih alternatif yang lebih sehat dan menggantinya dengan gula tambahan yang tidak sehat.

Temukan pengganti yang lezat untuk gula tambahan. Makanan manis memberi kita banyak kegembiraan. Jika Anda mencoba untuk berhenti makan gula, ada baiknya mencari makanan dengan gula alami dan rendah gula yang akan memuaskan Anda jika Anda menyukai sesuatu yang manis.

Makan buah. Anda bisa makan semangkuk kecil buah, atau Anda bisa makan buah dengan sedikit kayu manis dan yogurt. Jika Anda diperbolehkan makan sedikit gula, makanlah buah dengan sedikit krim rendah lemak atau celupkan ke dalam cokelat hitam (yang hanya mengandung sedikit gula).

See also  Cara Menjadi Lebih Tinggi Secara Alami: 12 Langkah

Jika Anda menyukai kue kering seperti muffin, panekuk, dan roti manis, Anda bisa belajar memanggangnya tanpa gula. Banyak resep yang dapat dimodifikasi untuk menggunakan camilan apel atau pure ubi jalar atau labu sebagai pengganti gula.

Jika Anda tidak suka memasak dan menyiapkan makanan sendiri, Anda dapat membeli makanan yang bebas gula. Banyak makanan untuk penderita diabetes tidak mengandung gula. Namun, Anda tidak boleh lupa bahwa makanan ini biasanya banyak mengandung pemanis buatan.

Batasi konsumsi alkohol. Alkohol juga mengandung gula. Selain itu, gula ini tidak memiliki nilai gizi. Berhenti minum sama sekali atau tetap pada jenis alkohol “ringan”.

Semua minuman beralkohol mengandung gula. Bukan hanya minuman campuran manis seperti margarita.

Jika Anda suka bir, minumlah bir “ringan” yang mengandung lebih sedikit gula dan kalori daripada bir klasik.

Jika Anda suka segelas anggur, buat percikan anggur dan encerkan anggur dengan air. Ini akan mengurangi separuh jumlah kalori dan alkohol.

Jika Anda suka minum minuman campuran, biarkan dicampur dengan air atau air mineral, bukan limun manis.

Gunakan pemanis alami. Jika Anda ingin sesuatu yang manis, Anda harus memilih beberapa pemanis alami dan menghindari gula buatan dan tambahan.

Cobalah madu, sirup agave, molase, atau sirup maple untuk membantu sedikit mempermanis makanan Anda.

Semua pemanis ini alami dan beberapa di antaranya bahkan mengandung vitamin dan antioksidan.

Selalu pilih 100% pemanis dan bukan campuran. Misalnya, beberapa perusahaan menjual madu, yang sebenarnya merupakan campuran madu dan sirup jagung. Selalu pastikan Anda membeli 100% madu atau sirup maple.

Jak se vzdát cukru: 15 Kroků – wikiHow

Pesan dengan bijak di restoran. Di restoran, Anda dapat dengan mudah makan gula tersembunyi, karena Anda tidak akan pernah mendapatkan meja dengan nilai gizi semua makanan. Anda mungkin bertanya kepada staf apa kandungan makanannya, tetapi lebih baik memiliki strategi yang memungkinkan Anda memesan makanan dengan kandungan gula serendah mungkin. Cobalah kiat-kiat berikut:

Alih-alih saus salad, gunakan cuka murni atau minyak zaitun dan jangan makan saus yang sudah disiapkan. Juga, selalu minta mereka membawakan Anda pakaian secara terpisah.

Untuk hidangan utama, mintalah koki untuk menyiapkannya untuk Anda tanpa saus yang mengandung gula. Selalu bawa saus ini secara terpisah.

Jika ragu, sayuran kukus atau daging panggang. Hindari semua hidangan dari satu panci dan hidangan yang mengandung banyak bahan. Hidangan ini biasanya mengandung banyak gula tambahan.

Nikmati semangkuk buah sebagai makanan penutup, atau lewati makanan penutup sama sekali.

Hati-hati dengan pemanis buatan. Karena banyak orang mencoba untuk tidak menggunakan gula, para ilmuwan terus-menerus menemukan pemanis buatan baru untuk menggantikan gula. Aspartam, sakarin, gula alkohol, dan pemanis lainnya berpotensi menimbulkan efek berbahaya bagi kesehatan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika orang mencoba untuk berhenti makan gula, rasa manis dari pemanis buatan memberi mereka keinginan yang kuat untuk makanan manis.

Hindari makanan olahan yang mengandung pemanis buatan, seperti limun versi “ringan” dan permen bebas gula, dll.

Pemanis buatan dapat disebutkan sebagai aspartam, acesulfame potassium, sakarin, neotame, sucralose, maltitol, sorbitol, atau xylitol. Jika Anda mau, hindari juga pemanis ini.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.